Rabu, 10 Mei 2017

10 Tips Marketing Bisnis Kuliner

10 Tips Marketing Bisnis Kuliner - Trampil dan memiliki keahlian yang mumpuni dalam mengolah berbagai jenis masakan  tidak cukup menjamin sukses dalam bisnis kuliner. Kebayang kan, bisa mengolah aneka makanan yang mengundang selera namun kursi dan meja lapak makanan kita terasa dingin karena jarang dihampiri para pembeli? Jangankan mampir ngilirik aja nggak, apalagi membeli.Capek deh, pusing pala barbie.


Nah, supaya tidak pusing dan tetap move on. Ada skill atau keahlian lain yang tak kalah penting yang mesti dipahami. Saya yakin, Anda  pasti setuju bahwa memahami proses produksi memang penting, tapi akan menjadi komplit kalau dilengkapi dengan ilmu bagaimana cara mendatangkan pembeli dan membuat mereka loyal dengan makanan yang Anda tawarkan.

Karena Marketing itu penting, coba simak beberapa tips di bawah ini sebelum membuka bisnis kuliner mu:

Tips Pertama : Jaga Kualitas Rasa

Bicara tentang bisnis makanan maka hal penting yang menjadi alat promosi utama sebuah bisnis kuliner adalah jaminan kualitas rasa yang ditawarkan. Cita rasa yang stabil merupakan salah satu kunci kesuksesanmu menjalankan bisnis makanan. Jangan sembarangan mengubah bumbu atau bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan makanan. Sedikit saja konsumen kecewa dengan cita rasa masakanmu, mereka tak sungkan buat berkeluh kesah ke sosial media.


Tips Kedua : Buat Event yang mengundang keramaian

Sesekali adakan event-event kekinian yang bisa mengundang rasa penasaran konsumen. Salah satu contohnya seperti mengadakan festival band, garage sale, bazaar, kompetisi dance, kompetisi fotografi, serta lain sebagainya yang bisa menarik konsumen berdatangan ke tempat usahamu.


Tips Ketiga : Cetak dan Sebarkan Selebaran Iklan

Membagikan brosur ke lampu merah, sekolah-sekolah, kampus, atau tempat ramai lainnya ternyata juga bisa mendatangkan calon konsumen ke restoranmu. Buatlah selebaran iklan dengan gambar yang menarik serta dilengkapi dengan contact person tempat usahamu. Jika ada event promo, sampaikan juga pada brosur selebaran tersebut, dengan begitu akan semakin banyak orang yang tertarik dengan event tersebut.


Tips Keempat : Tempelkan stiker pada tempat yang dilihat banyak orang

Buatlah stiker dengan logo serta contact person usahamu, kemudian tempelkan pada tempat-tempat yang mudah dilihat banyak orang. Misalnya di helm motor, pada kaca mobil, serta lain-lain. Semakin sering terlihat orang, maka semakin banyak pula orang yang mengetahui keberadaan bisnis kuliner milikmu.


Tips Kelima : Buat peta lokasi penjualan pada kemasan produk

Terkadang lokasi yang kurang strategis juga menjadi kendala tersendiri bagi kamu yang memiliki usaha. Buat mengakalinya, Anda bisa mencantumkan peta lokasi pada kemasan produk makanan. Selain itu kamu juga bisa mendaftarkan lokasi usahamu pada Google, dengan begitu calon konsumenmu bisa mencari lokasi usahamu dengan aplikasi Google.


Tips Keenam : Gabung ke komunitas bisnis

Menjadi anggota pada suatu perkumpulan atau komunitas pebisnis dapat menjadi salah satu alat untuk mengenalkan usahamu ke lingkup yang lebih luas. Kecuali itu, Anda juga dapat saling bertukar informasi dengan anggota komunitas lain serta tidak menutup kemungkinan dapat menemukan peluang bisnis baru.

Tips Ketujuh : Aktif pada Sosial Media

Pada era digital seperti sekarang ini, sosial media dapat jadi ajang promosi yang cukup menguntungkan. Bahkan saking efektifnya, banyak penjual online yang dapat melakukan transaksi jual beli hanya dari akun sosial media. So, kamu dapat memanfaatkan sosial media untuk memperkenalkan usahamu ke khalayak ramai.


Tips Delapan : Perkenalkan ke dinas terkait

Mendekatkan diri ke dinas atau instansi terkait yang relevan dengan bisnismu juga dapat jadi ajang promosi yang cukup efektif. Misalnya saja seperti datang ke Dinas Koperasi serta UMKM untuk dapat ikut pameran atau ke Dinas kesehatan untuk mendapatkan ijin PIRT untuk produk yang kamu pasarkan.


Tips Sembilan : Kerjasama dengan tour travel

Strategi pemasaran seperti ini sekarang mulai dipilih para pemilik restoran, kamu juga dapat mulai menggandeng agen perjalanan untuk bekerjasama dalam menyediakan snack ataupun makan bagi jasa agen perjalanan yang membawa rombongan serta melewati restoran milikmu. Biasanya biro perjalanan yang mendampingi rombongan yang mereka bawa mendapatkan fee tertentu dari pemilik restoran.


Tips Sepuluh : Buat program diskon berkala

Untuk memanjakan konsumenmu, Anda dapat mengadakan program diskon berkala. Seperti saat bertepatan dengan moment hari ulang tahun konsumen, Anda dapat memberikan voucher Rp 50.000 bagi konsumen datang ke restoranmu pada hari ulang tahunnya bersama 5 orang kawannya.

Bagaimana, sudah ada gambaran?

Demikianlah artikel tentang 10 Tips Marketing Bisnis Kuliner semoga bermanfaat.

Sumber: Bisnis UKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar